Jumat, 16 Maret 2012

profesi IT

Deskripsi Pekerjaan System analyst
System analyst merancang solusi IT baru untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas. Pekerjaannya dapat untuk ekstrenal client atau internal client (seperti departemen dalam organisasi yang sama).
Bekerja secara dekat dengan client, analyst memeriksa model bisnis dan aliran data, mendiskusikan penemuan mereka dengan client, dan merancang solusi IT yang tepat.
Mereka menghasilkan sketsa rancangan dan meminta sistem IT baru, menentukan operasi yang akan dijalankan oleh sistem, dan cara data akan dilihat oleh user, memberikan rancangannya pada client dan setelah disetujui, bekerja secara dekat dengan tim client untuk mengimplementasikan solusi.
Aktivitas Kerja System analyst
Kebanyakan system analyst bekerja pada tipe khusus sistem IT, dengan bermacam-macam tipe organisasi.
Aktivitas kerja juga bergantung pada ukuran dan sifat dasar dari organisasi, tetapi biasanya meliputi:
• Berhubungan secara luas dengan eksternal atau internal client
• Menganalisa sistem (yang sudah ada) client
• Menerjemahkan keperluan client ke dalam laporan singkat proyek yang sangat khusus
• Mengenali pilihan untuk solusi potensial dan menilainya untuk kecocokan teknis dan bisnis
• Membuat solusi logis dan inovatif untuk permasalahan yang kompleks
• Membuat proposal khusus untuk memodifikasi atau menggantikan sistem
• Membuat laporan proyek yang memungkinkan
• Memberikan proposal pada client
• Bekerja secara dekat dengan developer dan bermacam end user untuk memastikan kompatibilitas teknis dan kepuasan user
• Memastikan anggaran dipatuhi dan memenuhi deadline
• Membuat jadwal pengujian untuk keseluruhan sistem
• Mengawasi implementasi sistem baru
• Merencanakan implementasi sistem baru
• Membuat user manual
• Menyediakan pelatihan untuk user dari sistem baru
• Tetap up to date dengan perkembangan sektor teknis dan industri
Kemampuan System analyst


Orang-orang yang ingin berprofesi di bidang ini harus memiliki kemampuan sebagai berikut:
• Kemampuan untuk belajar dengan cepat
• Pendekatan logis dalam pemecahan masalah
• Menyelidiki dan memiliki rasa ingin tahu
• Kemampuan presentasi
• Kemampuan interpersonal dan client-handling yang bagus
• Business awareness
• Kemampuan yang baik sekali dalam komunikasi lisan dan tulisan
• Kemampuan dalam perencanaan dan negosiasi
• Inistiatif dan kepercayaan diri
• Ketertarikan bagaimana proses organisasional bekerja

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com